Senin, 01 Februari 2016

Sejarah Pakaian



Pakaian Mesir Kuno

Sejarah Pakaian - Mulanya, manusia memanfaatkan kulit pepohonan atau kulit hewan sebagai bahan pakaian. Para prajurit yang mengenakan baju baja atau logam kita kenal juga dari buku-buku sejarah. Setelah mengenal tradisi menenun, manusia mulai memanfaatkan benang yang dipintal dari kapas, bulu domba, atau sutera untuk dijadikan kain sebagai bahan dasar pakaian. Kini, beragam bahan pakaian digunakan manusia untuk untuk melindungi atau menutup tubuhnya.

Sebuah studi di Universitas Florida, Amerika Serikat, memperkirakan bahwa manusia berpakaian sejak 170.000 tahun lalu. Manusia modern mulai berpakaian sekitar 70.000 tahun sebelum bermigrasi ke daerah yang lebih tinggi dan beriklim lebih dingin. Migrasi itu sendiri terjadi kira-kira 100.000 tahun lalu.

Studi tersebut juga menduga bahwa manusia mulai mengenakan pakaian setelah kehilangan rambut pada tubuhnya. Peristiwa tersebut terjadi sekitar satu juta tahun lalu. Artinya, manusia pernah menjalani masa yang panjang tanpa rambut tubuh dan tanpa pakaian.


Pakaian Yunani Kuno

Setiap bangsa mengenal tradisi berpakaian pada masa yang berbeda sesuai dengan perkembangan kebudayaan masing-masing. Jauh sebelum memasuki abad masehi, bangsa Mesir, Persia, Yunani, dan Romawi sudah mengenal tradisi berpakaian. Sekitar 2000 Sebelum Masehi (SM), pakaian mulai dibuat dengan cara ditenun. Saat itu, bangsa Mesir sudah menenun kain linen. Pada era Persia Kuno, wanita sudah menggunakan celana panjang. Setelah berhubungan dengan bangsa Mesir dan Yunani, sekitar 200 SM, bangsa Romawi mulai mengenakan tunik linen (seperti kaus) di bawah jubah wol.


Pakaian Romawi Kuno

Manusia di Nusantara sendiri mengenal tradisi berpakaian sejak Zaman Batu Muda (Neolitikum). Saat itu, mereka telah dapat membuat pakaian dari kulit kayu yang sederhana yang telah diperhalus. Pekerjaan membuat pakaian ini merupakan pekerjaan kaum perempuan. Buktinya, di Kalimantan dan Sulawesi Selatan dan beberapa tempat lain ditemukan alat pemukul kulit kayu. Hal ini menunjukkan bahwa mereka sudah berpakaian. 

Pakaian adalah kebutuhan primer. Manusia selain makanan dan tempat berteduh (rumah), manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dan menutupi dirinya, namun dengan demikian perkembangan zaman kehidupan manusia. Pakaian juga digunakan sebagai simbol status, jabatan, ataupun kedudukan seseorang yang memakainya, pakaian juga memungkinkan keamanan selama kegiatan berbahaya seperti hiking dan memasak. Pakaian juga memberikan penghalang higienis menjaga toksin dan membatasi penularan kuman.

Pada zaman pra-sejarah manusia belum mengenal busana seperti sekarang, pada zaman terdahulu manusia memakai kulit binatang, tumbuh-tumbuhan untuk menutupi tubuh mereka. Manusia purba yanghidup di daerah dingin, menutupi tubuhnya dengan kulit binatang, misalnya kulit domba yang berbulu tebal. Sedangkan manusia purba yanghidup di daerah panas melindungi tubuh mereka dengan memanfaatkan kilut pepohonan yang di rendam terlebih dahulu lalu di pukul-pukul lalu di keringkan.Selain itu mereka juga menggunakan dedaunan dan rumput untuk menutupi tubuh mereka.



Perkembangan bentuk busana telah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Mulai dari penggunaan kulit kayu, kulit binatang hingga manusia akhirnya menemukan teknologi pembuatan kain yang pada awalnya yang masih sederhana yaitu dengan menggunakan alat bantu mesin, disinilah manusia mengenal busana dalam arti yang sesungguhnya.

FUNGSI PAKAIAN

Fungsi dari pakaian itu sendiri adalah untuk menjaga pemakaiaannya merasa nyaman. Misalnya dalam iklim panas busana menyediakan perlindungan dari terbakarnya sianar matahari, sedangkan pada musin dingin telah di sediakannya busana hangat.
Pakaian jug melindungi tubuh yang tidak terlihat, pakaiaan juga mengurangi tingkat risiko selama melakukan aktivitas seperti bekerja atau berolahraga. Pakaian juga di pakai sebagai perlindungan dan bahaya lingkungan tertentu seperti serangga, bahan kimia yang berbahaya, senjata dan kontak dengan zat abrasif.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 silahkan beri komentar :-):

Posting Komentar